05 Februari 2008

Tujuan Strategis Yang Dicapai Melalui Kepemilikan Saham Oleh Karyawan

- Perekrutan dan Retensi.

Persaingan pasar tenaga kerja meningkat untuk tenaga terampil dan karyawan yang cakap. Ketika berusaha merekrut karyawan potensial, kemampuan untuk menjanjikan mereka suatu penyertaan ekuitas dapat menjadi suatu sarana. Peluang keuangan berupa kepemilikan ekuitas akan menarik bagi beberapa – mungkin sebagian besar orang-orang yang cerdas dan berbakat - yang dibutuhkan oleh perusahaan. Mempertahankan karyawan yang ada juga akan lebih mudah jika mereka memiliki penyertaan modal.

- Peningkatan arus kas.

Kompensasi ekuitas seringkali dapat mengganti sebagian kompensasi kas. Program-program seperti stock grant dan program opsi saham dapat membuat suatu perusahaan bersaing dalam pasar tenaga kerja tanpa harus membayar gaji yang tinggi. 401 (k) plan, suatu bentuk program dana pensiun di Amerika, yang menawarkan kontribusi yang s suai (matching contribution) dalam saham perusahaan dapat menjadi suatu program tabungan pensiun yang menarik, juga tanpa memerlukan kontribusi kas sebagaimana dalam program pensiun lainnya. Sebuah program pembelian saham oleh karyawan dapat secara nyata meningkatkan arus kas perusahaan, pada saat karyawan membayar kas atas saham yang mereka terima.

- Motivasi dan Kinerja.

Ekuitas hanya akan bernilai jika kinerja perusahaan membuatnya bernilai. Oleh karena itu, karyawan yang memiliki kepentingan modal signifikan dalam perusahaannya akan memiliki insentif yang kuat untuk mencurahkan karya terbaiknya dalam memaksimalkan kinerja perusahaan dan nilai saham. Dengan demikian, kepemilikan saham oleh karyawan menyelaraskan kepentingkan karyawan dengan para pemegang saham. Selain itu, hal ini akan memperlakukan karyawan secara adil ketika mereka diberi penghargaan ekuitas dengan proporsi sesuai dengan kontribusi mereka kepada kinerja perusahaan.

- Pengembangan Budaya Kelompok.

Perusahaan-perusahaan dengan pengalaman kepemilikan karyawan jangka panjang telah menemukan bahwa hal tersebut memberikan dasar yang kuat dalam membangun budaya kerja yang kuat. Setelah dikembangkan dengan tepat, kepemilikan karyawan meningkatkan jiwa kebersamaan dan kerja tim, dimana seluruh karyawan bekerjasama memfokuskan pada tujuan kinerja perusahaan.
Karyawan menjadi lebih peka terhadap kebutuhan perusahaan dan mulai memikirkan dan bertindak seperti seorang pemilik.

- Memberikan pasar bagi saham pendiri.

ESOP dapat memberikan pasar yang menarik bagi saham dari perusahaan tertutup.

- Alat antisipasi pengambil-alihan.

Perusahaan-perusahaan yang mempertahankan diri dari pengambilalihan secara tidak bersahabat (hostile take-over), menggunakan ESOP untuk hal itu. Dalam hal penawaran pengambilalihan telah dilakukan, penggunaan ESOP sebagai alat bela diri menjadi agak terlambat. Namun, apabila ESOP telah dilaksanakan sebelum dimulainya usaha pengambialihan, ESOP menjadi alat yang efektif untuk mempertahankan diri.


(dikutip dari berbagai sumber)

4 komentar:

Mind Transportation mengatakan...

Kalau diperusahaan anda, tujuannya apa ?, dan apakah tujuan itu ingin dicapai dg baik ?

Jenggot mengatakan...

Kalo di Perusahaan saya adalah untuk penambahan modal usaha karena perusahaan saya sedang membuat 3 produk baru dalam jenis usaha yang sama.
Tentunya pasti ingin tercapai dengan baik namun kendala masih ada dan saya harap kedepan Perusahaan dapat mengelolanya dgn baik sehingga harapan spt judul tulisan diatas dpt tercapai tentunya dengan usaha yg maksimal dan fair baik dari Perusahaan maupun para Karyawannya...

Nurantoro mengatakan...

Kalau saham naik mungkin motivasi karyawan naik... Kalau saham turun mungkin motivasi karyawan turun. Jadi motivasi karyawan bagaikan naik roller coaster, setuju ??!

Itu mungkin kalau karyawan di pandang sebagai penumpang roller coaster. Jika karyawan ditempatkan sebagai penonton, maka biar penumpang naik-turun, sang penonton (karyawan) tetap saja ada di bawah. He he..

Ji-eM mengatakan...

hallo salam kenal,
saya tertarik dengan materi materi ESOP kebetulan saya sedang menyusun skripsi berhubungan dengan ESOP dan Earnings Management, skirpsi saya adalah Kualitatif yang intinya menganalisa dari Program ini cuma saya terbatas sama mater dan literatur. bisa kasih tau dimana saya mendapatkan informasi tentang ini, banyak hal yang saya ingin tau dari ESOP, mulai dari Kebijakan ESOP, Eiten, Tujuan, Pengaruh, Pelaksanaan dsb.

Jika tidak keberatan dan ada ID YM yang bisa saya contact atau no tlp saya harapkan bantuan informasinya.

YM saya : glend_83
atau di email : jm_pulo@yahoo.com

terima kasih.